Kamis, 30 Agustus 2018

Bisakah Hamil Langsung setelah berhenti Pil Kb

Apakah kehamilan memungkinkan?

Pil KB adalah alat pencegahan kehamilan yang paling populer untuk wanita. Mereka juga dapat digunakan untuk membantu mengobati jerawat dan fibroid uterus. Pil bekerja dengan memberikan hormon yang mencegah sel telur dibuahi.

Ada berbagai jenis pil dengan berbagai jumlah hormon. Untuk pencegahan kehamilan, pil memiliki tingkat kemanjuran yang tinggi ketika diminum setiap hari, dan pada waktu yang sama setiap hari.

Pertanyaannya adalah, apa yang terjadi ketika Anda berhenti minum pil? Jawabannya pada akhirnya tergantung pada di mana Anda berada dalam siklus menstruasi Anda.

Jika Anda berhenti minum pil di tengah-tengah paket Anda, Anda bisa segera hamil. Di sisi lain, jika Anda menyelesaikan pil bulan, kehamilan mungkin dapat dilakukan setelah siklus Anda kembali normal. Penting untuk mengetahui bahwa hanya mengonsumsi pil untuk sementara waktu tidak menawarkan efek jangka panjang setelah Anda berhenti - harus diminum setiap hari untuk mencegah kehamilan.

Teruslah membaca untuk mengetahui bagaimana jenis pil KB dapat memengaruhi peluang kehamilan Anda, apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kehamilan antara metode kontrasepsi, dan apa yang harus dilakukan jika Anda mencoba untuk hamil.
Apa yang terjadi jika Anda berhenti minum pil kombinasi?

Pil kombinasi adalah bentuk kontrasepsi oral yang paling umum. Ini mengandung estrogen dan progestin. Ketika diminum setiap hari, pil ini melindungi terhadap kehamilan dengan mencegah pelepasan telur selama ovulasi. Mereka juga menciptakan penghalang lendir untuk membantu mencegah sperma mencapai sel telur.

Tingkat kehamilan setelah menghentikan pil-pil ini sangat tergantung pada jenis pil kombinasi yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan jenis konvensional, yang memiliki tiga minggu pil aktif, mungkin untuk hamil bulan berikutnya setelah menstruasi. Juga mungkin untuk hamil jika Anda melewatkan dosis di tengah paket Anda.

Beberapa pil kombinasi, seperti Seasonale, hadir dalam versi siklus yang diperpanjang. Ini berarti Anda mengambil 84 pil aktif berturut-turut dan hanya memiliki periode setiap tiga bulan. Mungkin perlu waktu lebih lama untuk siklus Anda menjadi normal setelah mengambil pil siklus panjang, tetapi masih mungkin untuk hamil hanya dalam satu bulan.
Apa yang terjadi jika Anda berhenti minum pil progestin saja?

Seperti namanya, pil progestin saja hanya mengandung progestin, jadi Anda tidak memiliki minggu pil yang "tidak aktif". Ini "minipill" juga mengubah ovulasi, serta lapisan serviks dan uterus.

Pil-pil ini tidak mengandung estrogen, jadi keampuhannya sedikit lebih rendah. Diperkirakan sekitar 13 dari setiap 100 wanita yang menggunakan minipill akan hamil setiap tahun. Ini juga berarti bahwa kehamilan lebih mungkin segera setelah Anda menghentikan pil progestin saja.

Jika Anda secara aktif mencoba untuk hamil, Anda sebaiknya berhenti menggunakan pil terlebih dahulu, jadi bicaralah dengan dokter.
Apa yang harus dilakukan jika Anda beralih metode kontrol kelahiran

Meskipun siklus Anda mungkin perlu waktu untuk menormalkan, masih mungkin untuk hamil selama bulan pertama setelah Anda menghentikan pil. Jika Anda tidak ingin hamil sekarang, Anda perlu mempertimbangkan metode kontrasepsi lain untuk digunakan setelah Anda menghentikan pil.

Banyak metode penghalang over-the-counter, bila digunakan dengan benar, dapat mencegah kehamilan.

Ini termasuk:

Spermisida: Ini adalah gel atau krim yang mengandung nonoxylnon-9, zat kimia yang membunuh sperma. Meskipun spermisida dapat digunakan sendiri, itu lebih efektif bila digunakan dengan metode penghalang lainnya.

Kondom: Tersedia dalam versi pria dan wanita, kondom mencegah sperma memasuki uterus. Ini dibuat lebih efektif bila digunakan dengan spermisida. Jangan sekali-kali menggunakan kondom pria dan wanita sekaligus, karena ini dapat meningkatkan risiko robekan.

Diafragma: Dibuat untuk wanita saja, diafragma ditempatkan di vagina dan bertindak sebagai penghalang di sepanjang serviks. Diafragma harus digunakan dengan spermisida untuk bekerja secara efektif. Tidak seperti kondom, yang dihapus segera setelah berhubungan seks, diafragma harus tetap di tempat selama setidaknya enam jam setelah hubungan seksual. Setelah enam jam Anda habis, Anda harus menghapusnya dalam 18 jam ke depan.

Spons: Struktur busa ini juga ditempatkan di vagina untuk menutupi leher rahim. Mereka sudah mengandung spermisida. Seperti diafragma, spons harus tetap di tempat setidaknya enam jam setelah berhubungan seks. Anda harus melepas spons dalam 30 jam setelah berhubungan seks.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mencoba untuk hamil

Cara Anda mengeluarkan pil KB dapat juga bervariasi jika Anda mencoba untuk hamil. Tiba-tiba menghentikan pil di tengah pak bukanlah ide yang baik, karena dapat mengubah siklus Anda. Sebaliknya, sebaiknya selesaikan pak dan biarkan tubuh Anda menjalani siklus menstruasi yang normal terlebih dahulu.

Salah satu kesalahpahaman yang umum adalah bahwa pil mempengaruhi kesuburan Anda. Pil ini tidak berdampak pada kesuburan Anda - mungkin hanya butuh beberapa bulan untuk siklus Anda untuk kembali normal. Anda mungkin atau mungkin tidak hamil selama siklus pertama setelah Anda menghentikan pil. Faktanya, wanita yang baru-baru ini menggunakan pil memiliki peluang yang sama untuk hamil sebagai wanita yang tidak menggunakan kontrasepsi oral.

Dokter Anda adalah sumber terbaik Anda untuk nasihat untuk memastikan konsepsi yang sehat. Mereka dapat memberi saran tentang cara terbaik untuk keluar dari pil dan berbicara kepada Anda tentang memulai vitamin sebelum lahir sebelum Anda mencoba untuk hamil. Mereka juga dapat membuat rekomendasi tentang makan sehat, menjauhkan diri dari alkohol, olahraga, dan banyak lagi.

Garis bawah

Apakah Anda ingin berhenti minum pil atau sudah memiliki, Anda harus berbicara dengan dokter Anda. Mereka dapat menjawab pertanyaan apa pun yang Anda miliki tentang perlindungan lanjutan terhadap kehamilan atau membantu Anda merencanakan konsepsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar